RSS
Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

Diet dan Efek Samping Berbahaya

Bagi kaum Hawa, berat badan merupakan hal yang sangat sensitif. Jika ada yang mengatakan Anda terlihat lebih gemuk atau pipi semakin bulat, maka umumnya reaksi yang keluar adalah panik dan langsung memutuskan diet ketat. Ternyata mengurangi pola secara ekstrim malah membuat sakit sangatlah tidak efektif. Lalu, apa dong yang seharusnya dilakukan?

Tidak masalah bila Anda memang ingin diet. Tapi yang jadi masalah, seringkali wanita melakukan diet menurut versinya sendiri dan menyalahi aturan kesehatan, misalkan menolak menelan segala bentuk makanan, yang sebenarnya justru mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.

Sebelum memutuskan berdiet, akan lebih baik jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu diet dan efek samping apa yang dapat timbul bila Anda salah diet. Jadi Anda dapat menerapkan diet yang baik dan tepat bagi diri Anda tanpa merusak kesehatan.

Diet adalah aturan main makan

Perlu diketahui bahwa diet adalah mengatur pola makan secara cermat untuk mencapai tujuan tertentu, seperti menurunkan dan menaikkan berat badan, atau mengobati penyakit. Misalkan bagi para penderita Diabetes, wajib menjalani diet gula. Atau untuk penderita Hipertensi, harus mengurangi konsumsi garam.

Bagi yang ingin berat badannya turun, gizi seimbang harus tetap diperhatikan agar terhindar dari penyakit. Diet dengan cara hantam kromo atau mengira-ngira sendiri makanan apa yang harus dihindari adalah kurang bijak. Oleh karena itu, konsultasi dengan ahli gizi atau dokter sangatlah penting. Pasalnya perhitungan mereka tepat karena mereka mengerti bagian mana yang harus dikurangi dan mana yang harus ditambah, tanpa mengganggu kesehatan.

Diet salah = masalah. Konsumsilah Organic Go Green agar menjadi Diet Sehat.

Tidak sedikit wanita yang menyepelekan aturan main diet. Yang penting, asal tidak makan maka berat pasti turun. Padahal, diet yang salah mengakibatkan berbagai masalah, lho! Berikut ini dampak berbahaya atau gangguan akibat diet salah:
1. Eating disorder

Pernah dengar Bullimia dan Anorexia? Keduanya adalah kelainan pola makan akibat obsesi ingin kurus berlebihan. Penderita Bullimia punya nafsu makan besar tapi tidak mau gemuk, sehingga ia memuntahkan kembali semua makanan yang telah ditelan. Sedangkan penderita Anorexia, sangat anti makanan dan selalu merasa dirinya gendut, meski sebenarnya ia sangat kurus.

2. Sindrom Yoyo

Sindrom ini merupakan gejala kenaikan dan penurunan berat badan bergantian. Hal tersebut biasanya terjadi pada orang-orang yang diet ketat sehingga terjadi penurunan dan kenaikan berat badan secara drastis.

3. Mudah terkena berbagai penyakit/gangguan

Maag, lever, hepatitis, ginjal lemah, pingsan, anemia atau kekurangan darah, dan malnutrisi adalah gangguan kesehatan yang dapat timbul akibat diet secara sembarangan.

*Sumber: Istimewa

Terima Kasih Udah Membagikan Artikel Ini..

0 komentar:

Posting Komentar

free web stats W3 Directory - the World Wide Web Directory Health
boka billiga hotell Top Blogs

Organic Go Green